Friday, November 8, 2013

Gokilnya Youth For Climate Camp 2013



Bagaimana Perasaanmu namamu nyempil diantara nama nama pemuda pemudi keren itu? Ya sesuatu banget itu yang gw rasakan saat nama gw tercantum di deretan nama mahasiswa dari ITB dan IPB, ini adalah pengumuman lolos seleksi Youth For Climate Camp By National Council Climate Change & Japan International Cooperation Agency (JICA). saat itu gw sedang mengikuti Ujian Tengah Semester alias UTS dikampus, dengan berbagai pertimbangan akhirnya gw memilih untuk mengikuti ujian susulan demi menghadiri YFCC, alhamdulillah dosen wali gw Bu Lucia Ratnaningdyah S.IP MA sangat mendukung kegiatan gw. Terima kasih ibu... hehe.
                          
Pada Akhirnya waktu itu tengah malam gw bergegas saking semangatnya beranjak ke Indo****t yang kebetulan tidak terlalu jauh dari kos gw, gw sampai lupa bahwa tiket hanya bisa di booking pada saat jam kerja, akhirnya keesokan paginya sepulang kuliah karena takut kehabisan tiket gw langsung pergi ketempat semalam, hampir kehabisan karena tinggal tersisa 3 tiket, gw langsung memesan 2 tiket untuk gw dan salah satu teman seperjuangan gw sebut saja mawar.. hahaha..

Hari keberangkatan tiba kebetulan keretanya berangkat siang jadi paginya gw nyempetin buat ikut UTS dulu, sepulang dari kampus gw langsung menuju Stasiun Lempuyangan (Stasiun Ekonominya Jogja) Maklum mahasiswa biasanya pakai ekonomi hehe.. distasiun ternyata si mawar yang gw sebut tadi belum datang terpaksa gw menunggu lumayan lama, sampai akhirnya dia muncul akhhirnya datang juga,.. kami pun masuk menuju gerbong 8 *kalo gak salah. kebetulan tempat duduk si mawar sama gw beda, dengan sedikit negosiasi dengan ibu ibu yang duduk disamping gw akhirnya ibunya bersedia pindah dan simawar duduk disamping gw.. yeaahh keretapun berangkat menuju Jakarta ditemani lagu Kereta malam yang biasa di nyanyiin soimah di program AlayTV  tuh.. sepanjang perjalanan twitter dan facebook setia menemani, sampai kira kira jam 12 malam kami tiba di stasiun Jatinegara, nyampe stasiun kami bingung mau kemana, saudara gak ada ya terpaksa tidur di kursi stasiun (Sebagai Aktifis Pers Mahasiswa tentu kondisi kek begini sudah sering gw alami.. hahaah sok persma maaf khilaf wkkw). perut keroncongan mata gw tertuju pada sebuah toko yang sebenernya biasa biasa aja cuma gara gara lampu yang terang benerang makanya dia laku hahaha, gw masuk lalu memesan segelas air mineral (maaf khilaf lupa bawa tumbler) dan beberapa snack untuk mengganjal perut. lanjut sampai paki gw tertidur di kursi kereta sampai akhirnya berjumpa dengan Mas Arifin (Universitas Jendral Soedirman) dan Mas Irfan (STAIN Purwokerto), setelah nyempetin sholat subuh di masjid depan terminal kami melanjutkan perjalanan menuju stasiun gondangdia menggunakan Kereta comuterline jujur ini pertamakalinya gw naik beginian, sampai tiba distasiun gondang dia, karena kata panitia gondangdia ke TIM bisa jalan kaki kami akhirnya memilih jalan kaki dengan bertanya kesana kemari akhirnya sampai juga di TIM, oh iya di sini juga ada kampus seni swasta jakarta yang cukup terkenal gw kan penasaran akhirnya gw mecari lubang untuk masuk ternyata untuk masuk kesini kampusnya berada di belakang dan melewati gang dalam pikiran gw saat itu yeeaah gw mencoba sedikit membanding bandingkan kampus ini dengan kampus gw.. hahaha maaf gw tidak bisa tuliskan disini hasil perbandingan itu nanti gw kena Pasal 23 ayat 3 tentang UU Transaksi elektronik wkwkw.. 

Ini Nih Penampakan Taman Ismail Marjuki
Sampai kemudian banyak bermunculan teman teman baru tentunya peserta YFCC juga.. waaw mukanya serem serem pasti pinter pinter pokokonya kelihatan super aktifis semua. dari obrolan obrolan juga pada ngobrolin Luar negeri waaah jadi makin minder karena belum pernah jadi TKI *ehh..  oh iya karena lapar gw dan si mawar yang gw sebut tadi makan dulu ni disini sumpah gw lupa itu gw makan apa pokoknya makanan yang banyak di jakarta. sampai akhirnya jam 10an semua peserta naik ke bus menuju lokasi acara di cibubur.. 



Penampakan di dalam Bus
Eh ternyata di jakarta ada Sarkem (Pasar kembang) juga.. wkwkw spontan gw foto aja, sebagai mahasiswa jogja nama pasar kembang tentu tidak asing lagi hahaha

Sarkem nya Jakarta deket stasiun cikini
Selama perjalanan ngantuk banget sampai akhirnya tanpa sadar nyampe di lokasi acara, . sampai di Lokasi peserta yang lain pada kenal kenalan satu sama lain gw cuma diem ngeliatin, soalnya gw pemalu jadi malu nyapa duluan hahaha untung ada si mawar jadi ada temen ngobrol.. sialnya waktu pembagian kamar nama gw tidak ada. untungnya bukan cuma gw yang gak kebagian kamar ada beberapa orang juga yang enggak kebagian berikut muka muka orang tersebut.


Muka Muka Peserta yang enggak dapat kamar (keep smileee)
Enggak kebagian kamar inilah yang memepertemukan gw cieeehh hhahaha iya gw bertemu dengan pemuda keren asal Institut Teknologi Sukabumi.. eh ITS Surabaya maksudnya maaf khilaf haha, namanya I Gede Agung Wardana atau dia menyebut dirinya dengan panggilan Iga, gw panggil kak iga soalnya dia lebih tuaa tua taua sekali lagi tua.. hahaha kami masih menunggu panitia cukup lama waktu itu sampai akhirnya di panggil dan diberikan kunci kamar, terang saja gw langsung berlari menuju kamar yang ditunjukkan eh ternyata kamar tersebut udah ada isinya sial banget musti balik lagi ke panitia dan akhirnya panitia minta maaf atas kehilafanya wkwkw... hingga gw diminta untuk menuju kamar no 209 spontan gw langsung lari mencari kamar tersebut.. kebetulan satu kamar di tempati 2 orang eh ternyata gw sekamar sama kak Iga yang gw sebutkan tadi, karena sudah kenal tadi maka tidak perlu kenalan lagi.. gw langsung aja masuk dan sedikit senyuman dan perkataan dikit aja hahaha gw bersiap mandi karena hari itu hari jumat kelar mandi gw langsung menuju masjid, kak iga enggak ikut karena kebetulan dia non muslim, kebetulan sandalnya nganggur gw pinjam bentar buat jumatan, kirain udah khotbah atau apa kek gitu yehh ternyata datang kepagian. alhasil gw kenal sama peserta YFCC namanya Kak Tidar dari Universitas Indonesia, sempat gak percaya juga ni kakak ada di masjid soalnya kirain non muslim abisnya mukanya ga meyakinkan maksudnya rada chainis gtu.. hehehe.. oh iya disini juga gw ketemu ama pemain sinetron tukang bubur tuh si mahmud suaminya atika adiknya haji muhidin yang gara gara jualan pulsa jadi kaya raya.. ahhaha (kelihatan banget pencinta sinetron) bukan bukan gw menonton sinetron berkaitan dengan tugas pengamatan dan kajian media wkwkw *alibi, oke kembali setelah jumatan kita makan siang nih rame rame sebagai anak kos yang biasanya makan nasi telor tentunya semangat melihat potongan potongan ayam dengan taburan rempah rempah dan semangka yang menawan hahaha... setelah makan waktunya buat pembukaan acara.. peserta sangat antusias gw sangat bangga berada di tengah tengah orang orang keren ini, bukan apa apa gak nyangka aja sebagai mahasiswa yang bisa di bilang absurt karena di kampus seni bisa terjerumus dan tertarik dengan isu perubahan iklim, tapi gw menganggap ini sebagai suatu anugerah.. cieeee.. hahaha lanjut acaranya di buka langsung sama Rahmat Witular itu tuh mantan menteri dulu yang sekarang di DNPI, lalu di lanjutkan dengan sesi seminar seminar yang berkaitan dengan isu perubahan iklim,


Penampakan di dalam ruangan
Akhirnya sore hari semua peserta kembali ke kamar masing masing sembari istirahat untuk mempersiapkan acara dimalam harinya. gw kembali ke kamar no 209 niatnya untuk istirahat cuma ya tetep aja jadi sesi talkshow sama kak Iga banyak hal yang kita bicarakan tentang pengalamanya dia tentang pengalaman gw bertukar pikiran menjadi suatu hal yang menarik sangat menginspirasi lah pokoknya karena baru kenal obrolam masih sebatas yang serius seriusss hehehe.. laanjut sehabis mandi gw langsung menuju tempat makan seperti biasa perut sangat terjamin disini jadi jangan khawatir keroncongan hahaha.. karena kak iga sakit tuh dia enggak ikut dia tidur dikamar, oh iya gw jadi lupa ceritain kalau dia itu alumni YFCC tahun sebelumnya yang ikut lagi tahun ini,, pantess kan? hahaha

Sesi malam itu di isi dengan game game yang sangat seru kayak program kuis di salah satu stasiun TV tuh yang Rangking Rangkingan.. hahaha yang buat makin seru pemandunya itu kakak kakak dari JICA itu tuh Jepang.. Tau jepang kan iya iya doraemon.. bahasanya itu kan kayak orang lagi flu itu tuh lucu aja bangga juga karena menggunakan bahasa indonesia mereka cukup lancar.. malam it u selesai kembali lagi ke kamar masing masing.. pasti kalau kak iga baca dia bakal inget Bodrek. hahaha skip skip.. malam itu lagi lagi menjadi malam sesi Talkshow banyak hal yang kita diskusikan sangat menambah banyak pengetahuan bukan hanya mengenai hal hal serius banyak juga guyonan guyonan lucu sebagai iklan diskusi kami.. hahaha skip skip... sampai pagi hari dor dor dor.. suara apaan tuh.. tarik selimut.. hahaha apa yang terjadi? skip skip.... lanjut mandi dan sarapan pagi.. hari yang cerah semangat lagi buat sesi sesi seru semua peserta kembali berkumpul di ruangan sampai sore hari materi materi yang disampaikan sangat menginspirasi, disampaikan oleh berbagai pakar dan tokoh yang gencar menyuarakan isu perubahan iklim. tak terasa sore menjelang oh iya sebelumnya kita di bagi kelompok nih gw kebetulan dapat kelompok 5 kelompok ter kece badai di acara ini versi webmetrik hahaha kenalin ini dia penampakanya.. 



1. Abdul Hasan Alasyari alias kak abul dari Universitas Negeri Jakarta dia jurusan matematika tuh liat aja mukanya udah kayak rumus sin cos tan hahaha btw kak abul ini selain cerdas luar binasa dia juga penggerak kegiatan sosial pokoknya super aktifis.

2. Daniel Nur Sentana alaias kak Daniel dari Sastra Indonesia Universitas Indonesia, What anak sastraa? hahaa kok mukanya gak meyakinkan.. ampun kak daniel hehe. dia ini gak banyak omong masih penasaran juga ni kak daniel ini kayak gimana cuma lucu banget dia ni waktu latihan yel yel salah muluk akhirnya minta diajarin sama gw hehehe.. 

3. Ardian Bangga Dwihanpasa alias Bangga, dia ini Jurusan Adab dan Humaniora UIN Jakarta, pantes yak ramah senyum senyum muluk beradab banget hehee.. oh iya dia ini pemenang yang dapet Helm YFCC gara gara video pansanya bersama Reza. video panas karena perubahan iklim maksudnya...

4. Gw Sendiri Skip Skip....

5. Franklin Michael Hutasorit, alias kak Michael dia ini komandan kelompok 5, mahasiswa jurusan Ilmu ekonomi pembangunan Universitas Padjajaran Bandung.

6. Sapta Abimanyu, alias mas sapta' alias abi , nah dia ini jurusan pendidikan bahasa inggris UNY Yogyakar.. pemirsaa.... ini dia loh yang gw sebut mawar hahahaah... mahasiswa keren ini teman seperjuangan gw di KOPHI Jogja, dia pernah ke dubai foto foto di depan musdzalifahh hahaha mudzalifah itu kan istri nazar KDI hahaha.. salah ternyata namanya pokoknya itu dah gedung tertinggi di dunia yang ada di dubai.

7. Reza, nah dia ini juga UIN Jakarta pemenang yang dapat Helm YFCC gara gara video panasnya bersama Bangga.

8, Sania dia ini mahasiswa Bahasa Inggris STKIP garut. cewek keren yang sudah ikut Conference kemana mana.

9.Kustantia Septiana dari STEI YPPI Rembang.

10. Nadia Syifa. nah kalo yang satu ini dia adalah pendamping kelompok kami, nadia ini masih kelas 1 SMA keren kan ya ampun hebat banget ini nadia masih SMA kelas 1 tapi pikiran dan cara bicaranya udah kaya mahasiswa lagi skripsi hehehe kok gak alay ya? hahaha

11. Chandar dia Ini mahasiswi Universitas Indonesia, Berkat peranya dalam malam kreativitas namanya kini berubah menjadi CINTA.. oh iya dia ni juga dapat Voucher 1 Juta kursus dari SAE Institut gara gara bertanya hehe keren..

12.Anifa Hambali mahasiswi Ilmu Komunikasi IAIN Surabaya, dia ini ternyata temanya teman gw. dunia tak selebar daun kelor.. hehehe sama seperti Chandra dia ini juga dapat Voucher dari SAE.

13. Salsabila dari Ilmu Komunikasi UNPAD, tidak banyak yang tau kalau Salsabila ini adik kandung sari Sania STKIP Garut.. ayoo siapa yang baru tau..? keren banget kan bisa sekelompok sama kaka sendiri.

Nah mereka mereka tersebutlah tema kelompok gw.. yang pastinya gak bakal lupa sama lagu Rindu Muhammadku.. hehehe... bareng mereka juga gw banyak berdiskusi mempersiapkan sesuatu yang akan ditampilkan di malam kreatifitas.. akhirnya tercetus juga AADC yang akan kami parodikan di perankan sama Chandra dan Mas Abimanyu. pokoknya penampilan kami terkeren walaupun gak menjadi kelompok terbaik tapi kalian sudah menjadi terbaik di hatiku hahahaha....

malam pun menjelang esok harinya kita bakal berpisah.. semua peserta kembali ke kamar masing masing kali ini komplek Cempaka lantai 2 kumpul kumpul dulu disini gw banyak ngobrol dengan mbak Ranitya Nurlita dari IPB dia ini yang hobi ambasador ambasadoran hehehe kelar itu harusnya tidur tapi seperti biasa ada sesi talkshow bareng kak Iga dan keesokan paginya skip skip...... hahaha
pagi ini gak dapet sarapan siapa suruh telat bangun hahaha.. langsung masuk ke ruangan untuk acara penutupan yee foto foto dulu bareng Akhmad Zein Eko Mustofa dia ini mahasiswa ITB Jurusan teknik material gw biasa memanggilnya juragan toko bangunan hehe.. oh iya gw kenal juga sama mbak yang dari USBI Jakarta dia ternyata pengurus KOPHI PUSAT, "setiap perjumpaan pasti ada perpisahan" yap dan siang itu menjadi siang yang memisahkan.. banyak juga ngobrol sama temen temen peserta lainya yang gak bisa disebutin satu persatu disini pokoknya keren keren luar biasa menginspirasi bangga kenal sama pemuda pemudi keren seperti mereka udah keren peduli lingkungan pula behhh kurang apa lagii? hehehe sekian dulu ya udah malem... dan akhirnya acara YFCC selesai para peserta kembali ke daerahnya masing masing untuk berjuang menegakkan apa yang harusnya di tegakkan hahaha salam lestari... kawan kawan..!!!

INI NIH PENAMPAKAN KESERUANYA..





































0 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI WALAU HANYA SATU MENIT