Friday, January 27, 2012

SISTEM KEMASYARAKATAN SUKU SASAK


Dalam system kemasyarakatan ini terdapat bebrapa pengertian pokok antara lain : Pelapisan Sosial, Pemerintahan, Organisasi Sosial, dan Sistem Kekerabatan.
Pelapisan Sosial
Di daerah lombok secara umum terdapat 3 Macam lapisan sosial masyarakat :
  1. Golongan Ningrat
  2. Golongan Pruangse
  3. Golongan Bulu Ketujur ( Masyarakat Biasa )
Masing -masing lapisan sosial masyarakat di kenal dengan Kasta yang mempunyai kriteria tersendiri :
Golongan Ningrat ; Golongan ini dapat diketahui dari sebutan kebangsawanannya. Sebutan keningratan ini merupakan nama depan dari seseorang dari golongan ini. Nama depan keningratan ini adalah ” lalu ” untuk orang-orang ningrat pria yang belum menikah. Sedangkan apabila merka telah menikah maka nama keningratannya adalah ” mamiq “. Untuk wanita ningrat nama depannya adalah ” lale”, bagi mereka yang belum menikah, sedangkan yang telah menikah disebut ” mamiq lale”.
  • Golongan Pruangse ; kriteria khusus yang dimiliki oleh golongan ini adalah sebutan “  bape “, untuk kaum laki-laki pruangse yang telah menikah. Sedangkan untuk kaum pruangse yang belum menikah tak memiliki sebutan lain kecuali nama kecil mereka, Misalnya seorang dari golongan ini lahir dengan nama si ” A ” maka ayah dari golongan pruangse ini disebut/dipanggil ” Bape A “, sedangkan ibunya dipanggil ” Inaq A “. Disinilah perbedaan golongan ningrat dan pruangse.
  • Golongan Bulu Ketujur ; Golongan ini adalah masyarakat biasa yang konon dahulu adalah hulubalang sang raja yang pernah berkuasa di Lombok. Kriteria khusus golongan ini adalah sebutan ” amaq ” bagi kaum laki-laki yang telah menikah, sedangkan perempuan adalah ” inaq “.
Di Lombok, nama kecil akan hilang atau tidak dipakai sebagai nama panggilan kalau mereka telah berketurunan. Nama mereka selanjutnya adalah tergantung pada anak sulungnya mereka. Seperti contoh di atas untuk lebih jelasnya contoh lainnya adalah bila si B lahir sebagai cucu, maka mamiq A dan Inaq A akan dipanggil Papuk B. panggilan ini berlaku untuk golongan Pruangse dan Bulu Ketujur. Meraka dari golongan Ningrat Mamiq A dan Mamiq lale A akan dipanggil Niniq A.
Sistem Kekerabatan
Sistem kekerabatan di Tolot-tolot khususnya dan lombok selatan pada umumnya adalah berdasarkan prinsip Bilateral yaitu menghitung hubungan kekerabatan melalui pria dan wanita. Kelompok terkecil adalah keluarga batih yang terdiri dari Ayah, Ibu, dan Anak. Pada masyarakat lombok selatan ada beberapa istilah antara lain :
  • Inaq adalah panggilan ego kepada ibu.
  • Amaq adalah panggilan ego kepada bapak.
  • Ari adalah panggilan ego kepada adik perempuan atau adik laki-laki.
  • Kakak adalah panggilan ego kepada saudara sulung laki-laki ataupun perempuan.
  • Oaq adalah panggilan ego kepada kakak perempuan atau laki-laki dari ibu dan ayah.
  • Saiq adalah panggilan ego kepada adik perempuan atau laki-laki dari ayah atau ibu
  • Tuaq adalah panggilan ego kepada adik laki-laki dari ayah atau ibi.
  • Pisak adalah panggilan ego kepada anak dari adik/kakak dari ibu.
  • Pusak adalah panggilan ego kepada anak dari adik/kakak dari ayah.
Untuk masyarakat kaum kerabat di tolot-tolot pada khususnya dan lombok selatan pada umumnya mencakup  10 generasi ke bawah dan 10 generasi ke atas tersebut sebagai berikut :
Generasi ke bawah :
  1. Inaq/amaq
  2. Papuk
  3. Balok
  4. Tate
  5. Toker
  6. Keletuk
  7. Keletak
  8. Embik
  9. Mbak
  10. Gantung Siwur
Generasi ke atas :
  1. Anak
  2. Bai
  3. Balok
  4. Tate
  5. Toker
  6. Keletuk
  7. Keletak
  8. Embik
  9. Ebak
  10. Gantung Siwur
Sumber : Daliem, Mimbarman, ” Lombok Selatan Dalam Pelukan Adat Istiadat Sasak” 1981-1982
========================================================
Maaf apabila ada kesalah penulisan atau makna sebenarnya karena masing-masing daerah di lombok terutama suku sasak memiliki sebutan dan istilah berbeda-beda.
Kami memiliki bebrapa buku sebagai referensi, mungkin bisa membantu. Ditunggu Comment nya  :-) ya sebagi bahan perbaikan. thx

1 comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG INI WALAU HANYA SATU MENIT