Green Agent di SMP Negeri 1 Yogyakarta


Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan program aksi pelestarian lingkungan terbaru di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Namun, berbeda dengan kegiatan sebelumnya, kegiatan ini khusus melibatkan siswa/i SMP tersebut. Mengambil tema “Green Agent”, KOPHI berharap acara yang diadakan pada hari Jumat (15/3), akan berhasil menemukan agen-agen hijau yang cinta dan peduli terhadap keadaan lingkungan sekitar.



Pelaksanaan acara “Green Agent” dilandasi oleh fakta alam, global warming yang sudah sulit ditekan dan jumlah sampah hasil kegiatan manusia yang semakin meningkat setiap harinya. Sehingga, diperlukan aksi nyata untuk menangani masalah tersebut, salah satunya dengan cara penanaman tanaman obat/toga (untuk global warming) dan pembuatan lubang biopori (untuk sampah). Kedua aksi tersebut terbukti mudah dan ramah untuk dilakukan di mana pun, termasuk di rumah agen-agen hijau sendiri.



KOPHI akan melakukan kegiatan ini secara berkala di setiap satu sekolah Yogyakarta, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA. Tingkatan ini dipilih karena kesadaran terhadap alam sekitar perlu ditanamkan sejak dini kepada generasi penerus bangsa. KOPHI percaya bahwa untuk melahirkan agen-agen hijau yang baik diperlukan tahapan-tahapan strategis, yakni edukasi alam di bangku SD, praktik pelestarian di bangku SMP,  ikut mengajak orang-orang sekitar sadar akan alam di bangku SMA, dan menjadi teladan bagi orang sekitar ataugreen agent seutuhnya di tahap universitas.


Launching perdana aksi “Green Agent” di SMP Negeri 1 yang diikuti oleh 110 siswa ini, secara teknis memberikan sosialisasi penting berupa materi, games dan praktek tentang cara menjaga kelestarian lingkungan melalui pembuatan lubang biopori dan penanaman obat keluarga (toga) sejak pukul 13.00 hingga pukul 15.30 WIB. KOPHI Yogyakarta bekerja sama dengan pihak sekolah berupaya agar aksi tersebut akan tetap diberdayakan oleh siswa/i walaupun acara telah selesai. KOPHI akan melakukan pelaporan kegiatan di setiap bulannya untuk melihat tahapan proses tersebut.




















Comments

Popular posts from this blog

SISTEM KEMASYARAKATAN SUKU SASAK

Biografi Singkat Raden Tuan Guru Bajang

SEJARAH PERPINDAHAN PUSAT NW